Beda MidiController sama Keyboard

Contoh Midi Controller
Contoh Midi Controller

Inspiring_blog.Kupikir midi controller sama keyboard itu sama wong bentuknya hampir sama, eh ternyata berbeda. Jadi MIDI controller  adalah keyboard yang pada umumnya digunakan oleh ‘music producer’/pembuat musik untuk mengontrol software komputer melalui MIDI. (Contoh: Alesis seri Q,QX; Akai MPK, Synthstation; M-Audio KeyRig, Keystation, Axiom, dll). MIDI controller_MIDI sendiri adalah paket data yang dikirimkan dari controller ke komputer, dan bukan merupakan sinyal/gelombang suara. Jadi MIDI controller sendiri tidak dapat mengeluarkan suara apapun tanpa ada ‘sound module’ external seperti komputer.MIDI controller sendiri dalam arti luas bukan hanya dibuat dalam bentuk keyboard, tetapi alat musik modern lain seperti drum elektrik, pad controller, digital DJ controller, juga merupakan MIDI controller. Bahkan kini hadir MIDI controller dalam bentuk gitar dan alat musik tiup.

Sedangkan Keyboard atau piano listrik (Digital Piano) (Contoh: Roland RD, FP; Alesis Cadenza; M-Audio ProKeys, KeyStudio). Digital Piano adalah alat musik berbentuk keyboard dengan jumlah 88 keys/tuts yang dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan ‘feel’ dan sound yang sangat mirip dengan piano akustik yang menggunakan ‘hammer’ dan senar. Adapun mekanisme pembuatan ‘hammer’ pada tiap brand digital piano yang beredar berbeda-beda satu dengan yang lain. Dan tergantung dari tingkat kerumitan teknologi yang digunakan, hal ini dapat mempengaruhi harga digital piano dari brand yang satu dengan yang lain. Kelebihan dari Digital Piano dibandingkan piano akustik selain harganya yang jauh lebih terjangkau (karena menggunakan rangkaian elektronik untuk mengeluarkan suara), dan juga dapat di-set meniru berbagai

Contoh Keyboard Elektrik Yamaha
Contoh Keyboard Elektrik Yamaha

karakteristik/tone dari berbagai piano akustik seperti grand, upright, dll.  Tentunya bagi pianis profesional, tidak ada yang dapat benar-benar meniru 100% feel dari piano akustik.

 

2 respons untuk ‘Beda MidiController sama Keyboard

  1. wahh.. kupikir sama. berarti yang midi controler ga bisa bunyi ya walaupun dicolokan ke amplifier. harus ke komputer yang memiliki program audio semisal fruity loop gitu ya?

    Suka

Tinggalkan komentar